,

Mewujudkan Masa Depan Sehat: GERANBAT (Gerakan Pesantren Hebat) dan Transformasi Higiene Menstruasi Santriwati!

Negara dengan pendapatan per kapita middle-low masih menghadapi tantangan dalam upaya penyelenggaraan Menstrual Hygiene Management (MHM). Pada kelompok remaja, MHM tidak dapat berjalan maksimal dikarenakan belum terpenuhinya fasilitas water, sanitation and hygiene (WASH) di sekolah serta kurangnya pengetahuan, pemahaman dan kesadaran remaja untuk peduli MHM.

Atas dasar tersebut, tim abdimas yang diketuai oleh dosen Departemen BEPH, Dr. dr. Prima Dhewi Ratrikaningtyas, M.Biotech bersama dengan Anggriyani Wahyu Pinandari., SKM., MPH; Mustikaningtyas, S.Psi, MPH; Octivyan U Arrisqi, S.Tr.Keb; Annisa’ Arifatul Hikmah, SKM; dan Akto Adhi Kuntoro menjalankan program “Gerakan Pesantren Hebat (GERANBAT) Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Higiene Menstruasi pada Santriwati Pesantren di Kabupaten Sleman.

Kegiatan abdimas dilakukan di pesantren Ibnul Qoyyim Putri, Berbah, Sleman, dengan sasaran para santriwati.Materi edukasi yang disampaikan kepada sekitar 40 santriwati meliputi pengelolaan kebersihan menstruasi, mulai dari berbagai produk kebersihan menstruasi; cara memakai, membersihkan, membuang produk menstruasi, mengelola tubuh saat menstruasi; serta mengetahui dan membedakan mitos & fakta menstruasi, Kegiatan Abdimas GERANBAT ini menargetkan para santriwati menjadi kader (peer counselor) sehingga mereka juga menerima pelatihan menjadi kader, khususnya seputar peran remaja terkait menstruasi serta bagaimana melakukan presentasi dan pemaparan yang baik.

Melalui kegiatan abdimas “Gerakan Pesantren Hebat (GERANBAT), diharapkan para santriwati dapat lebih mengetahui dan memahami pentingnya “Menstrual Hygiene Management (MHM)” serta dapat menjadi peer educator yang mampu menjadi wadah untuk memberikan dukungan dan ruang berbagi pengalaman serta informasi yang akurat terkait pengelolaan kebersihan menstruasi di pesantren.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.