,

Remaja sebagai Agen Perubahan: Inisiasi GERRTAG (Gerakan Remaja Tangguh) Kabupaten Purworejo

Dosen Departemen BEPH, Dr. Drs. Abdul Wahab, MPH. bersama dengan Prof. dr. Siswanto Agus Wilopo, SU. MSc. ScD; Anggriyani Wahyu Pinandari., SKM., MPH; Heru Subekti., BSN,Ns., MPH; Mustikaningtyas., S.Psi., M.P.H, Psikolog (Alumni), Akto Adhi Kuntoro (Tenaga Kependidikan), Wilsen Widal Kho, S.Ked. (Asisten Penelitian), Alfi Fatima Yudani, M.Psi., Psikolog menginisiasi sebuah kegiatan pengembangan model pelayanan kesehatan remaja berbasis komunitas desa yang dikenal sebagai GERRTAG (Gerakan Remaja Tangguh).

Dr. Drs. Abdul Wahab, MPH bersama tim di tahun 2023 lebih berfokus pada peningkatan kapasitas orang tua terkait kesehatan mental serta perundungan pada remaja dengan tetap menempatkan kader remaja sebagai aktor utama yang menginisiasi perubahan melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan di tingkat desa.

Pada Sabtu, 17 Juli 2023, dilaksanakan workshop penyusunan materi Gerakan Pemuda Tangguh di Desa Banyuurip, Kabupaten Purworejo dengan melibatkan remaja-remaja dari Kecamatan Banyuurip sebanyak 15 orang. Pada sesi workshop, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok sesuai tema: wirausaha, kesehatan mental remaja, dan orang tua. Mereka diminta untuk mengidentifikasi permasalahan, membuat rencana kegiatan, kemudian mempresentasikan programnya untuk dievaluasi. Mereka juga mendapatkan pendampingan dari institusi yang terlibat.

Kegiatan pengabdian ini tidak bisa dilakukan secara mandiri. Tim GERRTAG merangkul berbagai pihak agar pengabdian dapat berjalan dengan lebih maksimal. Adapun instansi yang terlibat antara lain Perangkat Desa, Bidan Puskesmas, Dinas Pemberdayaan Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta CSR yang bergerak di bidang garmen.

Kegiatan selanjutnya yaitu Sosialisasi Kesehatan Mental bagi remaja Desa Candisari yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juni 2023 di Balai Desa Candisari dan menjadi bagian dari acara Posyandu Remaja. Berkolaborasi Bidan Desa Candisari, acara ini dihadiri oleh 30 remaja Desa Candisari. Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan, pemberian tablet penambah darah untuk remaja perempuan, dan diakhiri dengan senam ringan serta pemberian asupan bubur kacang hijau.

Sosialisasi kesehatan mental remaja yang dilakukan oleh Tim Abdimas FK-KMK UGM. Topik yang disampaikan kepada para remaja adalah “Mengenal Diri dan Meregulasi Emosi”. Materi disampaikan dengan metode ceramah, dilanjutkan dengan pengisian lembar kerja dan diskusi interaktif yang melibatkan para remaja. Di akhir sesi dilakukan role play di mana peserta memperagakan cerita mengenai bagaimana regulasi emosi yang baik.

Terakhir, pada 27 Agustus 2023, Tim Abdimas GERRTAG bersama para remaja mengajak masyarakat Desa Candisari jalan sehat, sembari melakukan screening kesehatan mental bagi remaja dan orang tua serta sosialisasi kesehatan mental.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.