, ,

Mastering the LPDP Scholarship: Insider Tips from MPH UGM Scholars

Yogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyelenggarakan webinar bertajuk “Mastering the LPDP Scholarship: Insider Tips from MPH UGM Scholars“. Acara yang berlangsung secara daring ini menarik perhatian banyak pihak dengan diikuti oleh 120 peserta dari berbagai universitas di Indonesia, termasuk mahasiswa UGM sendiri.

Acara ini dimoderatori oleh Dinta Rahmawati, mahasiswa minat KIA-KR Magister Kesehatan Masyarakat UGM. Webinar dimulai dengan Spotlight Session yang dipandu oleh Bu Luthfi Azizatunnisa’, S.Ked., MPH, seorang dosen Magister Kesehatan Masyarakat yang saat ini tengah menempuh studi S3 di Inggris. Dalam sesi ini, Bu Luthfi berbagi tips khusus mengenai cara menulis esai dan pengalamannya hingga berhasil mendapatkan beasiswa LPDP. “Ketika menuliskan esai, teman-teman jangan mengulang informasi yang sudah ada di dalam CV. Teman-teman bisa menuliskan pengalaman menarik yang pernah dilakukan,” ujarnya.

Sebagai pengguna kursi roda, Bu Luthfi juga menekankan bahwa teman-teman disabilitas bisa mendaftar LPDP dan akan difasilitasi sepenuhnya, “sebagai disabilitas, kita akan mengisi surat keterangan disabilitas dan akan sangat difasilitasi dimanapun aktivitasnya”.

Sesi kedua adalah Talk Show yang menghadirkan mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat yaitu Dwi Rizki Ananda (Mahasiswa FETP), Siti Mei Saroh (Mahasiswa IH), Delto (Mahasiswa GK), Erny Riana Wafumilena (Mahasiswa PPK), dan Hodimatum Mahiroh (Mahasiswa KIA). Dalam sesi ini, para mahasiswa berbagi tips wawancara, persiapan sebelum mendaftar LPDP, serta melakukan sesi tanya jawab langsung dengan peserta. “Sesi wawancara bukanlah sesi interogasi. Penilai hanya ingin tahu seberapa kuat semangat kita untuk melanjutkan sekolah, seberapa jauh persiapan kita, dan ingin mengenal kita. Jadi teman-teman harus mengerti kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri,” jelas Siti Mei Saroh. Sesi tanya jawab juga sangat menarik, terutama mengenai Letter of Acceptance (LoA).

Webinar ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan semangat bagi para peserta dalam mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa LPDP.

Penulis: Nanda Melania Dewi

#SDGs 4 Pendidikan Berkualitas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.