, ,

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Internasional Health ke the 8th Asia Pacific Conference on Public Health and Sharing Session

Malaysia, 8 Juli 2024 – Special Program of Implementation Research in Tropical Diseases (IR) merupakan program magister kerjasama dengan WHO/TDR Special Program for Research and Training in Tropical Diseases melalui minat International Health. Program ini bertujuan untuk membantu mengidentifikasi permasalahan dalam sistem kesehatan dan mengembangkan pendekatan-pendekatan untuk mengatasi masalah tersebut, terutama di negara-negara berkembang.

Penelitian implementasi adalah bidang ilmu yang baru berkembang yang sangat bermanfaat untuk diterapkan di negara-negara berkembang. Hal ini mengingat banyaknya intervensi kesehatan yang belum mencapai sasaran kelompok masyarakat yang paling membutuhkan. Program dengan spesialisasi Implementation Research ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah penelitian implementasi di negara-negara miskin dan berkembang.

Sebagai bagian dari upaya mengikuti perkembangan terkini dan memperluas pemahaman mahasiswa mengenai praktik dan implementasi kesehatan masyarakat, mahasiswa minat Internasional Health ini sukses berpartisipasi dalam The 8th Asia-Pacific Conference on Public Health (APCPH). Acara dua tahunan ini diselenggarakan sebagai wadah pertukaran informasi terkini di bidang kesehatan masyarakat dengan menghadirkan pembicara-pembicara ahli di bidangnya. Tahun ini, APCPH  diadakan di Kuching, Sarawak, Malaysia, dengan tema “Revitalising Public Health for a Resilient Future”.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang kesehatan masyarakat dan pelaksanaan program-program yang telah dirancang. Selain berpartisipasi dalam konferensi, acara juga akan dilanjutkan dengan sesi berbagi informasi terkini dalam bidang implementation research. Sesi ini membahas prospek karir di bidang tersebut bersama para ahli dan alumni. Tujuan dari sesi ini adalah untuk memberikan wawasan mendalam kepada peserta tentang peluang karir yang ada dalam implementation research serta memfasilitasi diskusi interaktif antara para peserta dengan praktisi berpengalaman dan alumni.

Dengan berpartisipasi dalam APCPH 2024, mahasiswa Internasional Health diharapkan mampu meningkatkan wawasan mereka dan memperdalam pemahaman tentang praktik kesehatan masyarakat serta memperluas jaringan profesional dalam bidang ini.

Penulis: Nanda Melania Dewi

#SDGs 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan

#SDGs 4 Pendidikan Berkualitas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.