, ,

Sharing Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat kepada Mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UGM: Pengalaman Magang di Puskesmas Danurejan II Kota Yogyakarta

Yogyakarta, 28 September 2024 – Sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN), 23 mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti kegiatan sharing yang diadakan oleh Departemen Biostatistic, Epidemiology and Population Health secara offline. Kegiatan ini menghadirkan Dinta Rahmawaty, S.K.M., mahasiswa magister kesehatan masyarakat dengan minat Kesehatan Ibu dan Anak – Kesehatan Reproduksi, yang berbagi pengalaman mengenai magang di Puskesmas Danurejan II, Kota Yogyakarta.

Dinta menceritakan berbagai aspek menarik yang ditemuinya selama magang di Puskesmas Danurejan II. Dalam sesi ini, ia tidak hanya memberikan gambaran mengenai struktur organisasi puskesmas, tetapi juga berbagi temuan-temuan menarik yang dihadapinya selama magang. Selain itu, Dinta menjelaskan secara rinci mengenai kegiatan harian para dokter dan tenaga kesehatan lainnya selama bertugas di Puskesmas Danurejan II.

Salah satu hal yang menarik perhatian mahasiswa  profesi dokter adalah cerita Dinta mengenai bagaimana dokter di puskesmas terlibat dalam kegiatan kesehatan masyarakat. Ia menggambarkan betapa pentingnya peran dokter dalam mendukung kesehatan masyarakat di wilayah perkotaan, mulai dari memberikan layanan kesehatan dasar hingga terlibat dalam program sosialisasi kesehatan di masyarakat.

Dinta juga memberikan saran penting kepada para mahasiswa mengenai pendekatan yang perlu dilakukan saat pertama kali magang di fasilitas kesehatan. “Di awal kedatangan, sudah pasti kita sebagai mahasiswa tidak langsung dipercaya dan mungkin ada program kita yang ditolak. Namun, teman-teman bisa menghadapi hal itu dengan berkenalan, melihat situasi dan memegang data yang relevan. Jangan tiba-tiba memberikan saran atau langsung menilai, bangun awareness dulu, seolah-olah kita ingin belajar,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Dinta juga menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam membantu kegiatan puskesmas yang masih minim di masyarakat, khususnya dalam program-program sosialisasi kesehatan. Menurutnya, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung kegiatan puskesmas, terutama di bidang edukasi dan penyuluhan kesehatan.

Setelah sesi sharing, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara Dinta dan mahasiswa  profesi dokter. Para mahasiswa menyampaikan berbagai pertanyaan seputar tantangan selama magang, dan strategi beradaptasi di lingkungan puskesmas.

Kegiatan sharing ini memberikan wawasan baru bagi mahasiswa  profesi dokter yang akan segera melaksanakan KKN. Pengalaman yang dibagikan dapat menjadi bekal penting dalam memahami dinamika pelayanan kesehatan masyarakat dan menghadapi tantangan yang akan dihadapi di lokasi KKN. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa kedokteran semakin siap untuk melaksanakan pengabdian di masyarakat dengan mengaplikasikan pemahaman dan mampu memberikan kontribusi nyata selama melaksanakan kegiatan.

 

Penulis: Nanda Melania D.

Reviewer: dr. Ahmad Watsiq Maula, MPH.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.